Selasa, 29 Maret 2011

KARBURATOR

Pada dasarnya, fungsi karburator adalah menyuplai gas hasil pencampuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder. Namun untuk dapat menghasilkan campuran yang tepat pada setiap kondisi kerja mesin adalah sangat sulit, diperlukan beberapa komponen lain untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, karburator juga sebenarnya dirancang untuk dapat mengurangi kadar polusi yang ditimbulkan dari hasil pembakaran.
Campuran bahan bakar dan udara idealnya adalah 1:15, yaitu satu bagian bahan bakar dan 15 bagian udara. Maksudnya satu bagian bahan bakar akan terbakar habis dengan 15 bagian udara ( dengan kadar oksigen +/- 35%).
Pada dasarnya karburator harus mampu memenuhi ketentuan ini pada setiap kondisi kerja mesin, misalnya pada saat mesin dihidupkan dalam keadaan dingin, saat putaran langsam, putaran menengah, percepatan, putaran tinggi dan beban maksimum.
Campuran yang kaya (1:<15) akan menimbulkan polusi dan campuran yang miskin (1:>15) akan mengakibatkan mesin panas. Untuk dapat mengabutkan bahan bakar, diperlukan tambahan udara kepada bahan bakar.
Lalu, bagaimana proses pengabutan tersebut dapat terjadi di dalam karburator?
Nanati kita lanjut lagi, sekarang bersambung dulu………

Tidak ada komentar: